ingaraja – Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran (PPKPP) LPMPP Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sukses menyelenggarakan Workshop Gamifikasi dan Flipped Classroom Tahun 2025 pada Kamis, 14 Agustus 2025. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Ruang Ganesha 3, Rektorat Undiksha, dan dihadiri oleh para koordinator program studi di lingkungan Undiksha, serta ketua dan sekretaris pusat di LPMPP Undiksha.
Kepala LPMPP Undiksha, Prof. Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd., membuka kegiatan secara resmi sekaligus memberikan sambutan. Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya inovasi dalam strategi pembelajaran, khususnya penerapan flipped classroom dan gamifikasi, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna bagi mahasiswa.
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber berkompeten. Dr. phil. Dessy Seri Wahyuni, S.Kom., M.Eng. membawakan materi Desain dan Penerapan Flipped Classroom di Perguruan Tinggi serta Best Practice Flipped Classroom: Studi Kasus dan Implementasi. Pemaparan ini memberikan gambaran komprehensif tentang konsep, manfaat, dan langkah-langkah implementasi flipped classroom yang efektif di perguruan tinggi.
Materi kedua disampaikan oleh Ir. I Made Edy Listartha, S.Kom., M.Kom. yang memaparkan Pengenalan Fitur LMS Undiksha untuk Mendukung Flipped Classroom dan Gamifikasi. Peserta juga mendapat kesempatan mengikuti praktik singkat eksplorasi fitur LMS secara langsung, sehingga dapat mengaplikasikannya untuk mendukung pembelajaran inovatif di prodi masing-masing.
Melalui kegiatan ini, PPKPP LPMPP Undiksha berharap para dosen dan pengelola prodi dapat mengintegrasikan konsep flipped classroom dan gamifikasi secara optimal, guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan mahasiswa di era digital.














