Dili – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan di tingkat internasional. Pada tanggal 1–6 Desember 2025, Undiksha menyelenggarakan rangkaian Pelatihan Pedagogi, Pelatihan Aplied Approach (AA), dan Pelatihan Kepemimpinan yang berlangsung di Instituto De Ciências Da Saúde (ICS), Dili, Timor Leste.
Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan yang berlangsung secara khidmat dan dihadiri oleh para peserta pelatihan, pimpinan Undiksha, serta jajaran pejabat ICS. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Yoseph Uli Yanto, S.Kep.,Ns, yang menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata kerja sama bilateral di bidang peningkatan mutu pendidikan, sekaligus kontribusi Undiksha dalam pengembangan SDM pendidikan di kawasan regional.
Sambutan berikutnya disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Sains, dan Budaya Timor Leste Fancisco Bareto, yang memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan pelatihan ini. Beliau menyampaikan bahwa penguatan pedagogi, penerapan Aplied Approach, serta kepemimpinan pendidikan menjadi kebutuhan strategis dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di Timor Leste. Kerja sama dengan Undiksha diharapkan terus berlanjut dan memberikan dampak signifikan bagi dunia pendidikan.
Selanjutnya, Rektor ICS Leão Borges, S.Sos., M.PH. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kolaborasi yang telah terjalin dengan baik. Beliau menekankan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk mendukung pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan ICS, terutama dalam menghadapi tantangan pendidikan di era transformasi digital dan globalisasi. Rangkaian pelatihan selama enam hari ini berlangsung dalam bentuk pemberian materi, diskusi interaktif, praktik langsung, serta kegiatan reflektif. Peserta mendapatkan pendampingan langsung dari Instruktur Undiksha yang berkompeten di bidangnya.





















































