Singaraja – Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran daring, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengadakan workshop bertajuk “Optimalisasi Pembuatan Course E-Learning dengan Template SPADA Indonesia.” Acara ini digelar pada Rabu, 30 Oktober 2024, bertempat di Ruang UPA TIK Undiksha, dan dihadiri oleh dosen serta tenaga kependidikan yang berfokus pada pengembangan pembelajaran berbasis daring.
Workshop ini menghadirkan narasumber Fajar Priyautama dan Agus Sumantri, keduanya dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai penggunaan dan optimalisasi platform SPADA Indonesia sebagai media pembelajaran daring, serta memperkenalkan langkah-langkah pembuatan course yang efektif dan menarik.
Fajar Priyautama dalam paparannya menjelaskan, “SPADA Indonesia merupakan wadah untuk menyelenggarakan pembelajaran daring yang terintegrasi secara nasional, sehingga dosen perlu mampu mengoptimalkan fungsi dan fitur yang ada agar mahasiswa dapat merasakan manfaat belajar secara maksimal.” Menurutnya, template yang disediakan di SPADA Indonesia memungkinkan para dosen untuk lebih mudah membuat course daring yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar pembelajaran yang ditetapkan.
Agus Sumantri menambahkan pentingnya mengikuti standar template yang sudah disediakan dalam SPADA Indonesia. “Penggunaan template ini memudahkan dosen untuk mengatur konten pembelajaran, sehingga lebih mudah dipahami dan diakses oleh mahasiswa. Selain itu, ini membantu memastikan bahwa seluruh institusi mengikuti standar nasional dalam pembelajaran daring,” ungkap Agus. Ia juga mendorong dosen untuk terus berinovasi dalam menyampaikan materi, terutama dalam menghadapi tantangan teknologi dan adaptasi mahasiswa.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung transformasi pembelajaran daring yang berkualitas di lingkungan pendidikan tinggi, khususnya di Undiksha. Partisipan workshop menyambut baik kesempatan ini sebagai sarana pengembangan kompetensi dosen dalam mengelola pembelajaran daring yang lebih efektif dan inovatif.